Peraturan Menteri ESDM nomor 12 tahun 2019, terkait batasan KVA untuk SLO

Peraturan ini dikeluarkan untuk memastikan batasan kapasitas penyediaan instalasi listrik untuk kepentingan sendiri yang memerlukan Ijin Operasi dan penerbitan Sertifikat Laik Operasi (SLO), dimana sebelumnya memang tidak dijelaskan kapasitasnya. Bahkan ada apartemen yang sampai mengurus SLO sebanyak jumlah unit yang dipasarkan, karena takut dianggap melanggar ketentuan.

Ditentukan dalam PerMen ESDM tersebut, bahwa Penyediaan listrik yang berkapasitas lebih dari 500 KVA wajib mengurus Ijin Operasi yang mempunyai masa berlaku tertentu dan memiliki SLO.

Sedangkan penyediaan listrik sampai dengan 500 KVA hanya wajib lapor 1 (satu) kali saja sebelum melakukan penyediaan tenaga listrik dan akan otomatis dianggap telah memenuhi ketentuan wajib SLO (artinya tidak perlu memiliki SLO).

Dengan demikian, setiap gedung yang memiliki kapasitas diatas 500 KVA dalam 1 (satu) sistem instalasi listrik hanya perlu memiliki 1 (satu) SLO saja, sudah termasuk ratusan/ribuan unit-unit (misalnya ; apartemen) didalamnya.

Leave a Comment